Gia’s Day

Tanggal satu kemaren keponakanku, Gia, ultah ke-12 tahun. Emang ya waktu ini cepat berlalu. Cucu sulung emakku ini sudah remaja sekarang. Beberapa bulan yang lalu pas dengar Gia dapat haid pertama, rasanya gimana gitu 😀 Mungkin 12 tahun lagi Gia akan bilang ke aku ‘Bi Uda, aku mau pasu-pasu’, hehehe..

Hari Minggu yang lalu ada jamuan makan siang di rumah Gia sebagai ucapan syukur usia Gia yang bertambah. Hanya keluarga ring satu aja yang diundang: Bulang, Nek Karo, Nek Biring dan beberapa orang bibinya, termasuk aku (lagi dinas sebagai mom-sitter). Maklum masih pandemi.

Aku bilang ke Gia ‘Bi Uda belum ada beli kado. Gia mau kado apa? Yang wajar ya, kalo minta mobil, Bi Uda cuma bisa kasih mobil-mobilan.’ Gebi, adik Gia, tertawa mendengar ucapanku.

Jawab Gia ‘sebenarnya Bik, ada yang aku mau. Tapi itu pun kalo Bi Uda mau kasih. Aku perlu hewan’.

‘Perlu? Untuk apa?’

‘Ya, untuk dipelihara. Misalnya ikan hias. Itu dah sebulan aku punya ikan, belum ada yang mati. Atau burung. Kalo burung, bisa sekarang kita beli, Bik’  jawab Gia semangat sambil membela dirinya ketika aku bilang hewan peliharaannya dulu banyak yang cepat mati.

Tanyaku ‘kenapa ga kucing aja?’. Gebi menimpali ‘Mamak ga suka kucing. Ga bisa dijual juga.’

Aku tertawa. Trus bilang kalo mau pelihara hewan untuk dijual, ya pelihara babi aja. Apalagi daging babi sekarang lagi mahal, hehehe. ‘tanya Bapak lah Bik, boleh ngga pelihara babi’ jawab Gia. Sepertinya Gia enggan kalo pelihara babi, hahah.. Jadi ingat cerita emak tentang pelihara babi.

Aku tawari opsi kado lain seperti lipstik, parfum (mengingat Gia udah beranjak remaja), Gia ndak mau. Panjanglah diskusi kami tentang hewan yang dia mau. Padahal saat ini di rumahnya sudah ada 1 ekor anjing (namanya Boss), 2 ekor burung merpati (yang selalu datang dan akhirnya menetap di halaman belakang rumah Gia), 4 ekor anak ayam dan beberapa ekor ikan cupang. Belum reda ternyata hobi Gia kontak dengan perhewanan ini.

Akhirnya jawabku ke Gia ‘oke lah Gi, Bi Uda pikirkan dulu hewan apa. Kalo mentok, ntar Bi Uda kasih mentahnya aja.. ‘

Senyum Gia makin lebar.

Selamat ulang tahun Gia, sehat selalu, sayang Bapak Mamak dan adik Gebi. Tetap jadi Gia yang ceria dan tulus hati. Saranghae.

Leave a comment