travelling

Trip ke China (1)

Pertengahan Juli 2017, tepatnya tanggal 13-22 Juli 2017 aku akan mbolang ke negeri China. Kali ini aku akan pergi bersama dengan Debi, teman SMP dulu. Sebelumnya kami dah pernah mbolang bersama ke Makassar sekitar 6 tahun yang lalu.

Bulan Maret 2017 Debi membeli tiket Jakarta – Beijing dan Shanghai – Jakarta di GATF dengan harga cukup ‘murah’, sekitar Rp 5.1 juta. Ini penerbangan langsung. Bulan Mei kami mulai aktif mencari-cari info lokasi wisata mana saja yang mau kami kunjungi selama trip 10 hari ini. Beruntung sekali ada seorang blogger asal Medan yang menceritakan perjalanan liburan keluarganya ke China tahun 2016 dengan cukup detail. Pada akhirnya kami mencontek sekitar 80% itinerary perjalanannya dan memesan penginapan yang sama. Males rempong, hehhe..

Bulan Juni, menjelang libur lebaran, kami menyempurnakan itinerary trip kami, memesan online penginapan kami di Beijing dan Shanghai. Awal bulan Juli kami mengajukan permohonan visa China. Debi menggunakan layanan jasa agen untuk mengurus visa ini di Jakarta, sementara aku mencoba mengurus sendiri di Medan.

Dalam website www.visaforchina.org cukup detail dijelaskan dokumen apa yang harus dipersiapkan, biaya resmi visa, alamat pengajuan visa, dll. Aku sendiri mengisi online formulir pendaftaran lalu mencetaknya di kertas ukuran A4. Tanggal 2 Juli 2017 aku mempersiapkan seluruh dokumen wajib: paspor asli, fotokopi halaman paspor yang menunjukkan data diri dan tanda tangan, formulir permohonan visa yang sudah diisi lengkap, bukti tiket pesawat pergi pulang, bukti pemesanan penginapan selama di China, foto terbaru berlatar belakang warna putih ukuran 48mm x 33mm. Selain itu aku juga mempersiapkan dokumen pendukung: itinerary perjalanan, fotokopi kartu keluarga, fotokopi mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir.

Tanggal 3 Juli 2017, sebelum jam 9 pagi aku sudah sampai di Visa For China Centre di gedung Royal Condominium, di Jl. Palang Merah. Ternyata pagi itu masih sedikit yang mau urus visa, mungkin karena masa libur lebaran dah lewat. Dari semua berkas dokumen pendukung yang kubawa, yang diterima cuma itinerary perjalanan. Jadi kartu keluarga dan rekening tabungan ga perlu.

Foto yang aku bawa diukur, ternyata panjangnya ga sampai 48mm bila dihitung dari garis dalam. Tetap diterima oleh mbak petugasnya, semoga ga jadi masalah saat review berkas oleh konsulat, katanya.

Total biaya pengurusan visa China ini Rp540.000,- terdiri dari biaya visa Rp300.000,- dan biaya Visa Center Rp240.000,-. Petugasnya menjelaskan bila permohonan visa ditolak, pemohon tetap harus membayar Rp240.000,- dan kita diminta untuk menandatangani surat pernyataan terkait hal ini. Pembayaran visa dilakukan saat pengambilan visa/paspor. Menurutku sistem ini lebih fair ya dibanding pengurusan visa untuk beberapa Negara lain yang wajib bayar penuh di depan padahal belum tentu di-approve permohonan visanya.

Menjelang jam 3 siang, dapat telepon dari visa center. Mereka bilang perlu bukti booking hotel yang mencantumkan namaku. Mereka minta di-email-kan bukti booking tersebut . Wadooh.. untung di sebelah toko ada warnet. Buru-buru screenshot halaman web yang ada namaku dan kirim ke mereka. Moga bisa diterima. Miris banget kalo sampe visa ditolak karena penginapan.

Untuk trip 10 hari ini pengeluaran yang aku anggarkan sekitar Rp16.000.000,- (8.000 yuan) all in. Secara umum pembagiannya: tiket pesawat Medan – Jakarta return 3 juta, tiket pesawat Jakarta – Beijing, Shanghai – Jakarta 5.1 juta, penginapan 8 malam 3 juta, bullet train Beijing – shanghai 1.1 juta, transportasi dalam kota dan tiket masuk lokasi wisata 1 juta, bullet train Shanghai – Suzhou return 0.2 juta, makanan dan minuman 1.5 juta, biaya visa (termasuk cetak foto, fotokopi, dll) 0.6 jt, biaya lain-lain 0.5 juta.

Tidak sabar untuk segera mbolang..