enlightened

Bahagia ini siapa yang punya? :)

Tulisan ke-2 di tahun 2017. Makin tak produktif aja aku ini. Tulisan pertama di bulan Januari, tulisan kedua di bulan April. Bagooos!

Kemaren lihat foto terbaru teman di Facebook. Foto ulang tahunnya. Moment ultah-nya akan selalu menjadi reminder ‘anniversary’ blog-ku ini. Yes, my first posting in this blog was about his birthday 🙂

Pengen banget aktif menulis lagi, rajin travelling lagi, melakukan dua hal ini biasanya bisa memberi rasa bahagia di hatiku, di samping hal-hal lain yang juga memberikan rasa kebahagiaan yang sama ya.. Kalau aku pikir/renungkan lagi, apa ya yang bisa membuat hidup ini terasa bahagia, layak untuk dinikmati? Keluarga, pasangan hidup, teman/sahabat yang baik, penghasilan yang berlimpah, berat badan yang ideal, pengenalan seumur hidup tentang Tuhan, travelling, dst.. Mungkin bisa jadi tak terhitung.

Dengan semua hal-hal yang sampai tak terhitung itu dan aku tetap merasa tak bahagia? Jangan-jangan yang kulakukan selama ini hanya menjadi rutinitas yang aku tidak tahu ujungnya/akhirnya seperti apa. Well, manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Tapi, sepertinya aku pun sudah lupa untuk merencanakan hal-hal yang ingin aku lakukan untuk mengisi dan merayakan kehidupan ini.

Membaca dan melihat status, foto atau pun video yang di-share orang di media sosial, menimbulkan banyak hal dalam hati: bisa bahagia, sedih, iri, bersyukur, inspirasi. Bukankah ini membuktikan bahwa ada banyak hal yang bisa direncanakan dalam hidup ini? Meskipun akhirnya daftarnya jadi terlalu panjang sehingga tidak tahu mana yang jadi prioritas ataupun tidak bisa lagi membedakan (malas untuk membedakan, tepatnya) mana kebutuhan ataupun keinginan.

Kebahagiaan itu hanya kita sendiri yang bisa merasakan, dan hati kita yang paling tahu apa benar kita bahagia atau pura-pura berbahagia. Hanya kita sendiri yang menciptakan kebahagiaan itu, bukan orang lain. So, kalau lagi merasa tidak berbahagia, jangan menyalahkan orang lain 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s