Dosen

Standard

My mom so proud of me for being a lecturer.

Menjelang satu tahun bergelut di bidang pendidikan, aku menyadari menjadi dosen bukan hanya berada di kelas mengajarkan materi mata kuliah yang dipegang. Prosesnya sudah dimulai dari satu bulan sebelum kelas pertama dimulai. Ada beberapa dokumen awal yang harus disiapkan oleh seorang dosen, seperti Rencana Pembelajaran Semester, Rancangan Tugas dan Kontrak Perkuliahan.

Dari tiga dokumen tersebut di atas akan tergambarkan selama satu semester: apa capaian pembelajaran yang diinginkan, topik-topik yang akan dibahas di setiap pertemuan, apa metode-metode pembelajaran pembelajaran yang akan digunakan dalam setiap pertemuan, buku/sumber referensi untuk mata kuliah tersebut, tugas-tugas apa yang harus dikerjakan oleh mahasiswa, bagaimana metode penilaian, aturan yang berlaku di dalam kelas selama tatap muka berlangsung. Idealnya, itu semua seharusnya sudah harus ada dan disetujui oleh kepala program studi sebelum kelas pertama berlangsung.

Selain mengajar (dan seluruh proses persiapannya), seorang dosen juga memiliki dua kewajiban lainnya, yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat. Dua hal ini menjadi kewajiban yang harus dipenuhi seorang dosen untuk nanti bisa mengajukan sertifikasi dosen, naik tingkat, menunjang akreditasi perguruan tinggi tempat dia bernaung dan untuk bisa memiliki jabatan akademik.

Menjadi pengajar (dosen) itu ternyata sangat sulit, bagiku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s