Baca Buku di Angkot

Standard

Sebagai seorang pegawai kantor yang tidak memiliki kendaraan pribadi, maka sarana transportasiku sangat tergantung pada kendaraan umum. Dulu, saat bekerja di Jakarta, aku terpaksa menghabiskan waktu 1.5-2 jam one way di jalan dengan menggunakan TransJakarta atau angkot atau kombinasi keduanya dengan total ongkos bervariasi dari Rp4.000 – Rp10.000. Kalau pagi udah bangun telat, aku memilih naik ojek dengan ongkos Rp50.000 dan menghabiskan waktu di jalan sekitar 45-60 menit. Iyaa.. tempat tinggalku jauh dari kantor😦

Sejak pindah ke Medan bulan Agustus kemaren, maka mau ga mau aku harus menjalin hubungan yang harmonis dengan transportasi umum di Medan: angkot, sudako dan becak motor. Harmonis itu termasuk menerima fakta bahwa sangat sering pengemudi dan penumpang merokok dalam angkot. Yang ga abis pikir itu ya penumpang yang merokok padahal posisi duduknya di paling belakang, dan tetap ga peduli lihat ada penumpang lain yang tutup hidung. Selain itu, jalanan di Medan sudah mulai macet dipenuhi motor dan mobil pribadi.

Bulan pertama kerja di Medan, terkait transportasi, sungguh aku senang. Kok bisa? Perjalanan ke kantor hanya maksimal 45 menit dengan angkot, ongkos Rp4.000 sekali jalan, kadang Rp8.000 kalo harus 2x ganti angkot. Pasti dapat tempat duduk (namanya juga di angkot) dan ga nunggu lama untuk mendapatkan angkotnya. Kalo pulang ke rumah bisa lebih lama 30 menit karena sebagian besar Jalan Setiabudi dilewati dengan kecepatan merayap karena volume kendaraan yang membludak.

Memasuki bulan kedua mulai merasa betapa jauhnya jarak rumah ke kantorku. Sepupuku komen ‘jauh banget kantor kakak’ pas aku beritahu alamat kantorku. Apalagi kalo macet..beuh, merasa dah kayak macetnya Jakarta. Padahal kalo dibanding Jakarta, macetnya belum seberapa.

Akhirnya aku pun menggunakan trik lama yang dulu kupakai di Jakarta: membaca buku sebagai aktivitas untuk membuat perjalanan 45 menit ke kantor itu tidak terasa lama. Terbukti memang dengan membaca waktu tempuh itu terasa singkat. Hasilnya dalam 2 bulan ini aku berhasil membaca sampai selesai 4 buah novel (terjemahan):

1. All Around The Town karya Mary Higgins Clark, sebuah novel yang cukup ringan untuk dibaca meskipun topiknya agak berat, tentang multi kepribadian yang muncul akibat trauma penculikan di masa kecil.

2. Novel ‘Carrie’ karya Stephen King yang bercerita tentang Carrie White, seorang gadis remaja yang memiliki Telekinesis yaitu kemampuan menggerakkan benda-benda dengan kekuatan pikiran. Novel ini sudah beberapa kali diadaptasi ke film, dan saat kemaren membaca novel ini, filmnya juga lagi tayang di bioskop. Setelah membaca novel ini aku jadi pengen nonton filmnya, namun sayang ga kesampaian😦

3. Novel ‘Messiah’ karya Boris Starling merupakan salah satu novel keren yang pernah aku baca. Berkisah tentang pembunuhan berantai yang meninggalkan tanda khusus berupa sendok perak di dalam mulut para korbannya. Jalan ceritanya mengalir membuat aku juga berpikir jangan-jangan si detektif lah pembunuhnya. Ternyata?? Baca sendiri deh, jauh lebih seruu!

4. Dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata. Novel ini mengambil latar dan tata bahasa yang sama dengan tetralogi Laskar Pelangi, termasuk penjabaran detail beberapa tokoh figuran yang ada di tetralogi Laskar Pelangi. Mungkin novel ini lebih mudah dinikmati oleh pembaca yang pernah tinggal di Pulau Sumatra, karena familiar dengan kata-kata yang ada dalam  novel ini.

buku dibacaKeempat buku di atas aku pinjam dari koleksi novel milik kakakku.  Menurut aku semuanya enak dibaca😀

Saat ini aku lagi membaca novel The Vine Of Desire (Jalinan Jiwa) karya Chitra Banerjee Divakaruni. Buku ini merupakan kelanjutan dari novel Sister of My Heart (Saudara Sehati) yang pernah aku baca beberapa tahun yang lalu. Sebenarnya novel Jalinan Jiwa ini sudah lama banget aku beli tapi baru aku baca sekarang. Reviewnya belakangan deh.

The Vine of Desire Jalinan Jiwa

Leave a Reply

