Trip Jepang: Juni 2013 (awal)

Standard

Sempat terpikir untuk trip ke Jepang setelah mendengar cerita yang cukup seru dari Rahma (kakakku) yang ke Jepang Mei 2012 yang lalu. Kemaren itu dia ikut tur dari Bungkoes Tour. Yang tak terduga adalah aku bisa maen ke Jepang tanpa menggunakan tur. Seru!

Persiapannya begini:

Awal Dec 2012: Iseng buka website Garuda Airlines. Lihat ada promo ticket Jakarta – Tokyo. Bila dirupiahkan jadi sekitar 4.5 juta rupiah return. Murah? Kayaknya. Apalagi ini penerbangan langsung tanpa transit. Tiga minggu sebelumnya aku ke Garuda Fair dan saat itu tiket ke Jakarta – Tokyo return dipatok di harga 7juta rupiah nett. Lihat kalender, check tanggal  di mana deadline pekerjaan sudah selesai dan dapat harga promo. Selanjutnya kontak beberapa teman untuk ajak trip bareng. Cuma satu orang yang bilang bisa: Ria, teman satu kontrakan rumah di Bekasi dulu.

6 Dec 2012: Booking tiket Jakarta – Tokyo return untuk 2 orang, jadwal perjalanan 13-18 Juni 2013. Horeeee!

11 Dec 2012: Beli buku trip Jepang karangan Claudia Kaunang. Itinerary perjalanan bisa dibilang copas habis dari buku ini. Menurut buku ini, si penulis Cuma habis 2.5 juta rupiah (di luar tiket pesawat) untuk keliling Jepang. Semakin semangat untuk pergi.

buku CK

Jan – Mar 2013: Waktu tersita untuk menyelesaikan pekerjaan. Sesekali browsing blog orang yang berbagi pengalaman trip ke Jepang.

Awal April 2013: bikin itinerary perjalanan yang akan dilampirkan saat apply visa Jepang. Dapat kabar dari Ria kalo dia hamil. Waaakkkksss…

25 April 2013: Bikin foto untuk aplikasi visa jepang.

26 April 2013: kirim formulir aplikasi Visa Jepang ke Medan. Berhubung aku ber-KTP Medan, maka pengurusan visa Jepang harus dilakukan di Konsulat Jendral (Konjen) Jepang di Medan. Pengurusannya bisa diwakilkan ke saudara. Rahma yang aku minta tolong untuk menguruskannya. Thanks sista!

30 April 2013: Dapat kabar dari Rahma bahwa aku harus menyertakan bukti pemesanan hotel selama di Jepang, padahal syarat itu tidak ada tercantum di website kedutaan Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html). Tanya Ria yang mengurus visa melalui agen, confirmed tidak perlu bukti booking hotel. Tanya juga teman yang sebelumnya sudah pernah urus visa, juga dibilang dulu ga dimintakan bukti booking hotel. Tapi petugas Konjen Jepang di Medan keukeuh harus ada. Terpaksa deh booking hotel secara online. Kena booking fee USD2 per booking, sementara aku ada 3 booking karena menginap di 2 hostel tapi waktunya ga berurutan, yaitu untuk tanggal 14 Juni di Khosan Kabuki (Tokyo), tanggal 16 Juni di J-Hoppers (Osaka) dan tanggal 17 Juni di Khaosan Kabuki lagi. Lumayan tuh USD6.

3 May 2013: Visa approved! Biaya visa Jepang Rp 350.000,-.

8 May 2013: Booking hotel untuk Ria. Ternyata kedutaan Jepang di Jakarta juga minta bukti booking hotel untuk pengurusan visa Ria. Tau begini dari awal pasti aku booking sekalian aja hotel-nya Ria. Kena booking fee USD 4 lagi deh..

10-12 Juni 2013: mantengin www.hyperdia.com untuk cek rute subway/kereta di Jepang. Website ini keren banget. Menyempurnakan itinerary perjalanan.

10 Juni 2013: tukar yen di Money Changer ITC Kuningan. Dapat rate bagus yaitu Rp 101.2/yen. Uang ditukar menjadi 100.000 yen.

11 Juni 2013: Beli travel insurance by AXA secara online. Premi-nya USD150 untuk travel ke wilayah Jepang selama 5-7 hari.

12 Juni 2013: Beli Japan Rail (JR) Pass di JALan Tour di Gedung KEIAI, Sudirman (seberang halte Dukuh Atas). Kami beli JR Pass ini biar bisa naik Shinkansen dari Tokyo ke Osaka dengan biaya yang lebih hemat, karena ga mungkin naik bis malam seperti yang ada di buku Claudia Kaunang, mengingat keadaan Ria yang lagi hamil. Di siang hari aku masih sempat booking lagi hostel di Khaosan Tokyo Samurai untuk tanggal 15 Juni 2013 dan 17 Juni 2013 (pindah dari Khaosan Kabuki karena ingin private room). Malamnya packing.

13 Juni 2013: tukar yen titipan Ria. Rate-nya sudah naik jadi Rp104.75/yen, hikss…

Bisa dilihat kalo persiapan ke Jepang paling banyak dilakukan di  tiga hari terakhir menjelang hari keberangkatan. Walaupun demikian, dengan berbagai informasi yang didapat dari buku dan hasil googling, kami berhasil buat itinerary yang memenuhi kebutuhan kami.

Berikut itinerary dan perkiraan pengeluaran selama trip di Jepang:

itinerary jepangTips bila ingin arrange sendiri trip ke Jepang:

1. Beli JR Pass bila perjalanan lebih dari 5 hari dan atau mengunjungi  lebih dari  1 kota di Jepang, karena cukup menghemat biaya transportasi domestik selama di Jepang. Ingat, JR Pass hanya bisa dibeli di luar Jepang. Untuk info lengkapnya silahkan cek di sini.

2. Ajukan aplikasi visa Jepang sesuai dengan wilayah yurisdiksi yang ditetapkan.  Cek KTP Anda masuk wilayah mana di sini.

3. Sewa penginapan di Jepang cukup mahal, sehingga banyak yang ‘lari’  ke Guest House (GH) atau hostel. Model kamar di GH ada yang dormitory room dan private room. Untuk dormitory, hitungan sewa adalah perorang. Sedangkan untuk private room hitungannya adalah satu kamar tersebut bisa diisi berapa orang. Misal private room untuk 4 orang, tapi kita cuma berdua, maka kita tetap harus membayar sewa untuk 4 orang.

4. Pergunakan www.hyperdia.com untuk mengetahui opsi rute stasiun dari satu tempat ke tempat lain, khususnya di Tokyo yang cukup ‘rumit’ jalur subway/train nya.

5. Susun itinerary sedetail mungkin dan pastikan rute perjalanannya. Baru setelah itu pesan penginapan, agar jangan sampai booking penginapan berkali-kali. Sayang booking fee-nya. Sering-sering browsing ke blog orang lain. Banyak info dari para blogger yang sangat menolong kita untuk membuat itinerary yang efisien dan efektif.

6. Tidak bisa berbahasa Jepang bukan alasan untuk takut maen ke Jepang. Orang-orang Jepang sangat ramah dan pasti menolong apabila kita bertanya. Sebisa mungkin mereka menjelaskan walaupun akan menggunakan bahasa tarzan😀

—-

Yuk kita kemon!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s