Ganti ya Tuhan…

Standard

12 Oct 2012 Menjelang jam 10 pagi aku mendapat informasi bahwa cicilan bulananku ternyata sudah berkurang sekitar 15% dari sejak awal tahun 2012.  What a surprise. Aku tidak menyangka bahwa  dana tambahan yang aku bayar di akhir tahun 2011 untuk memotong pokok pinjaman juga membuat cicilan bulananku  berkurang. Yang aku tahu, pembayaran tambahan itu hanya mengakibatkan berkurangnya jangka waktu kredit beberapa tahun. Wah, aku jadi merasa mendapat bonus karena tanpa sadar telah ‘menabung’ sekian banyak bulan dari pengurangan cicilan tersebut.

Sore hari aku bbm-an dengan Kak Renta. Awalnya kak Renta salah pencet tombol PING padahal sebenarnya dia ingin lihat profil picture ku. Gara-gara insiden ini jadilah kami chat dan berujung pada cerita tentang pengalaman pertamaku ketinggalan pesawat beberapa hari sebelumnya😀

——-///——-

7 Oct 2012 Hari ini aku akan kembali ke Jakarta jam 18.45 wib dengan Garuda. Aku berhasil dapat tiket promo dengan harga 500 ribu rupiah (belinya dari sejak April 2012). Jam 2 siang, hujan deras membasahi Medan disertai angin yang sangat kencang. Aku berencana berangkat ke Bandara jam 17.15 wib karena perlu waktu sekitar 30 menit ke Bandara. My sister will drive me there.

Hujan sudah berhenti ketika kami berangkat ke Polonia. Abang mengingatkan untuk mengambil rute berbeda karena rute biasa banyak jalan yang banjir, sementara mobil kakak cukup rendah dan baru seminggu sebelumnya kemasukan air karena terjebak di jalanan yang banjir.

Kami sungguh tidak menyangka bahwa sebenarnya hujan badai yang tadi melanda Medan. Di rute jalan yang kami pilih banyak sekali pohon tumbang, bersyukur sudah dipinggirkan ke tepi jalan. Juga terlihat banyak kanopi bangunan yang ambruk/rusak. Jalanan menjadi sangat macet karena banyak kendaraan mengambil jalan ini sebagai jalur alternatif yang tidak kena banjir.

Tiga puluh menit berlalu dan kami masih ke di daerah kemacetan. Aku berharap Garuda delay😦 Kakak memutuskan untuk melewati daerah Koserna dan berharap tidak ada banjir di situ. Namun sayang harapan tersebut tidak terjadi. Kepalang tanggung  kakak nekat menembus banjir. Untung mesin mobil tidak mati dan akhirnya kami terlepas dari kubangan banjir. Jam 6 sore lebih dikit kami berhasil mencapai jalan Mongonsidi. Namun apa daya, di sini terjadi antrian panjang menuju Polonia. Jam sudah hampir mendekati 18.30 wib dan gerimis hujan turun. Aku memutuskan keluar dari mobil, berlari kecil menembus hujan dengan pemikiran cara ini lebih cepat mencapai Bandara dari pada menunggu di kemacetan. Untung selepas lampu merah ada tukang ojek. Kurang dari 10 menit aku sudah masuk ruang check in dan melihat di layar bahwa status pesawatku tercantum ‘panggilan terakhir’. Lima ratus ribuku melayang😦

Tak berapa lama kemudian kakak sampai dan aku bilang terlambat sudah. She felt so sorry. Aku bilang akan cari tiket penerbangan berikutnya dan memintanya untuk tidak usah menungguku. Setelah membandingkan harga aku tetap memilih Garuda karena harganya cuma selisih 50.000 – 100.000 rupiah dibanding maskapai lain. Aku juga baru tahu bahwa Garuda sudah menjalankan sistem harga tiket sudah termasuk airport tax.

Setiap pengalaman pertama pasti ada harga yang harus dibayar. Kali ini aku harus membayar hampir 2x lipat dari harga promo yang aku dapat sebelumnya. Dalam hati aku bilang ‘ganti ya Tuhan..’.  Kakakku juga sms bilang ‘don’t worry, Tuhan tetap akan sediakan gantinya. Be easy

—//—

‘Trus, dah diganti ma Tuhan?’ tanya Kak Renta. Jariku terdiam sesaat di atas keypad BB. Tiba-tiba aku teringat tabungan dari cicilanku yang berkurang sejak awal tahun 2012. Aku jawab ‘kayaknya diganti Tuhan hari ini Kak’.

Benar! Tuhan langsung ganti dalam 5 hari. Bahkan nilainya lebih dari harga tiket pengganti itu. Aku bersyukur tidak bereaksi marah atau menyalahkan keadaan /orang lain ketika aku terlambat ke Bandara dan akhirnya ketinggalan pesawat. Dia sedang mengajarkan aku untuk lebih baik lagi dalam mengatur waktu. Untuk biaya pelajarannya Dia yang bayar.

Bagiku, Tuhan sangat hebat. Tak ada yang kebetulan. Sama sekali tidak ada.

Leave a Reply

