Cerdas dengan Smartphone

Standard

Bosan banget ga sih kalo tiap hari mendapatkan pesan pendek (SMS) dari nomor yang tidak dikenal? Mulai dari SMS yang menawarkan KTA (ini yang paling banyak), promo kartu kredit, hingga SMS penipuan minta dikirimi pulsa. Atau juga SMS dari orang yang kita kenal tapi isinya ga penting banget untuk hidup kita, plus si pengirimnya juga ga penting banget untuk dilayani.

Dulu temanku bilang, ngapain sih hal-hal sepele seperti ini dipusingin. Kalo ga suka, langsung delete. Iya sih, kalo sehari cuma 2-3 SMS, bisalah dicuekin. Tapi kalo dah puluhan? Beuh.. setiap ada notifikasi SMS masuk, pas dibuka, ternyata SMS yang sangat tak penting itu. Buang waktu!

Sebagai pengguna smartphone, layaknya aku juga smart dalam mengoptimalkan BlackBerry (BB), hehehhe.. Ternyata ya, di BB itu ada menu untuk memblokir SMS dari nomor yang tidak dikenal atau nomor yang tidak ada dalam phonebook kita. Aku sudah pakai menu ini. Waktuku tidak perlu lagi terbuang tercuma untuk men-delete banyak SMS tak penting itu, dan yang terpenting tidak perlu membaca apapun.

Bagaimana caranya?

Masuk ke menu BB, cari Options à Security Options à Firewall. Nanti akan ketemu status: Disabled atau Enabled. Pilih Enabled. Setelah itu ada menu Block Incoming Messages. Kita akan diminta untuk mencentang pesan apa aja yang mau diblokir, ada SMS, MMS, PIN, Blackberry Internet Service dan Enterprise email. Jangan lupa untuk juga mencentang pengecualian ‘Except messages from’: Contact, Specific Addresses, agar SMS dari yang nomor-nya ada di phonebook kita tetap bisa diterima.

Trus gimana dengan orang yang kita kenal tapi mengganggu itu? Ya, remove saja nomornya dari phonebook, beres deh. Ngapain juga simpan nomor orang-orang yang mengganggu hidup kita. Betul?😀

Selain SMS, mungkin kita juga sering ditelepon oleh orang-orang yang menawarkan kartu kredit, KTA juga asuransi. Padahal kita ngga perlu dengan semua yang mereka tawarkan. Atau ditelpon sama orang yang kita kenal tapi orang ini emang cuma bermaksud mengganggu. Ngga banget kan terbangun tengah malam hanya karena iseng di-miskol.

Sekali lagi aku harus cerdas menggunakan BB. Ada loh aplikasi untuk mem-block telepon dari nomor tertentu. Gratis. Namanya CallsBlocker by Fabian Heuwieser. Silahkan di-google dengan keywords nama aplikasi tersebut, lalu download programnya. Setelah berhasil di-instal, masukkan nomor-nomor telepon yang tidak ingin Anda terima di block-list, termasuk mencentang pilihan untuk mem-block panggilan dari Private Numbers. Voila…sudah tidak ada lagi telepon tak penting yang mengganggu ^_^

Dua hal di atas (mungkin) tidak berlaku bila Anda berprofesi sebagai pengusaha, karena kemungkinan besar Anda akan melewatkan banyak kesempatan untuk mendapatkan klien. Namun bila Anda adalah seorang pegawai kantoran yang bekerja dengan orang-orang tertentu saja, seperti aku, maka dua aplikasi di atas sangat layak dipakai untuk mengelola waktu kita yang berharga.

Selamat mencoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s