Foto si Kecil

Standard

Minggu lalu, hari Rabu kalo ga salah, Abangku telpon bilang kalo dompetnya tercecer waktu dia lagi jogging di kawasan USU. Dia tanya aku, si miss google, nomor call centre satu bank karena dia mau block ATM yang ada di dompet itu. Uang yang ada di dompet itu katanya tidak seberapa jumlahnya *padahal cukup gede menurut aku*, tapi ada STNK beberapa kendaraan yang pasti repot ngurus surat kehilangannya.
Dalam hati aku berharap di dompet itu ada foto Ghia, my lovely little niece. Apa hubungannya?

Begini, di majalah CHIC edisi 72 tahun 2010 halaman 77, aku membaca hasil penelitian yang dilakukan Richard Wiseman, seorang pakar psikologi bersama timnya. Mereka menyebarkan ratusan dompet yang diletakkan di jalanan sekitar Edinburgh dengan memberikan foto yang berbeda-beda di dalam dompet tersebut, di antaranya foto bayi, keluarga bahagia, sepasang kekasih dan binatang peliharaan. Beberapa dompet dibiarkan tanpa foto namun disertakan bukti kartu sumbangan.
Hasilnya, 9 dari 10 dompet yang berisi foto bayi dikembalikan oleh penemunya, sebaliknya hanya 1 dari 7 dompet yang tak ada fotonya yang dikembalikan. Menurut Dr. Wiseman, hasil penelitian ini menunjukkan adanya keinginan orang untuk melestarikan generasi muda. Kode genetik menyangkut perasaan empati tak hanya terbatas pada anak sendiri, tapi pada semua anak-anak. Jadi, bila ingin dompet yang hilang kembali, simpan saja foto kanak-kanak Anda (kalo Anda belum punya anak) di dalam dompet.

Ghia - my lovely little niece

Senin malam kemaren aku terima sms dari Abangku, bilang kalo dompetnya sudah dikembalikan oleh penemunya. Seluruh dokumen penting seperti STNK, ATM, KTP masih lengkap, duitnya aja yang sudah raib, hehehe.. Terus aku tanya apakah ada foto Ghia dalam dompet itu. Abangku jawab ada. Wah, ternyata hasil survey Dr. Wiseman itu cukup akurat, terbukti dengan dompet Abangku yang dikembalikan.
Hmm.. harus segera cetak foto Ghia nih, soale dompetku tak ada foto (si)apapun di dalamnya, hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s