Kartu Kredit

Standard

Ada berapa kartu kredit yang kamu punya?

Aku punya 5!

  • Ada dua yang belum pernah dipakai sama sekali, padahal bentar lagi akan expired.
  • Empat di antaranya diterbitkan oleh Bank yang di situ aku tidak punya rekening
  • Semuanya bebas iuran tahun pertama (ataupun yang perpanjangan)

Tujuan aku apply kartu kredit:

  • biar bisa masuk lounge Bandara gratis
  • ga ribet bawa cash
  • dapat poin yang nanti bisa ditukar dengan barang tertentu
  • bisa menikmati harga khusus/promo di outlet-outlet tertentu

Keuntungan kartu kredit yang sudah aku dapatkan :

  • exactly sama dengan tujuan aku di atas😀

Kerugian pemakaian kartu kredit (ada yang baru disadari belakangan):

  • biaya materai antara Rp 3.000,- atau Rp 6.000,- tergantung besarnya pembayaran
  • biaya transfer karena ga punya rekening di bank penerbit, berkisar Rp 5.000 – Rp 7.500 per kartu kredit
  • cara menghindari biaya transfer yaitu dengan meminta pertolongan teman yang memang punya rekening di bank tersebut. Biaya telp/sms mungkin akan jadi lebih besar dari biaya transfer karena biasanya telepon akan berlanjut dengan obrolan tentang topik laennya, hehhehe…
  • Jauh lebih konsumtif karena discount/promo biasanya untuk kebutuhan sekunder/tersier.
  • Resiko kena penalty karena lupa bayar tepat waktu. Ini jarang terjadi padaku, meski pernah terjadi🙂

Setelah membandingkan antara keuntungan dan kerugian pemakaian kartu kredit di atas, kemungkinan besar aku hanya akan memperpanjang satu kartu kredit saja yang memang selama ini sering aku gunakan untuk pembayaran sehari-hari, itupun kalo iuran tahunannya digratiskan lagi. Kalo tidak, ya wassalam..

Kemaren dapat info, kalo aku akan dapat kartu kredit platinum dari salah satu bank tempat aku memiliki  rekening. Jadi pas lah nanti kalo aku punya 2 kartu kredit *dua kartu cukup*

2 responses »

  1. Jadi, perlukah kita punya kartu kredit, dek? Aku belum punya tapi ketika mencari tiket promo, eh..harus pake kartu kredit, jadinya mikir untuk mengurus kartu kredit. He..he..boleh minta saran dari yang pegang 5 kartu kredit, dong….(serius nih minta sarannya lho)

    • perlu kak, yang penting jangan sampe telat bayar dan atau kurang bayar😀 Bukan cuma promo tiket pesawat, kita bisa menukarkan poin yang dikumpulkan dari pemakaian kartu kredit dengan berbagai souvenir menarik, he he he..

Leave a Reply

