Mumpung ada HP

Standard

Mungkin bagi sebagian orang cara perhitungan yang akan gw bagikan berikut ini ribet dan mengesankan pelit daripada hemat, hhehehe.. Gw pun kadang-kadang bertanya ‘Duh, penting banget ga sih yang gw lakukan ini?’. Ya…tapi ga ada salahnya sekali-kali dicoba.

Dari dulu gw sering iseng menghitung harga per ml or per gram or per unit untuk barang-barang yang gw masih bingung mau beli ukuran yang besar saja sekalian atau beli beberapa ukuran yang kecil. Kalau menemukan situasi ini, maka HP pasti akan dikeluarkan. Mumpung ada HP, gunakan fasilitas kalkulator yang ada dalam HP.

Jumat yang lalu, gw mampir ke Giant untuk membeli beberapa barang. Salah satu yang mau gw beli adalah vitamin rambut yang (ternyata) begitu banyak jenis dan ukurannya. Gw tertarik dengan satu merk *lupa namanya*. Sebut sajalah merk-nya VR (vitamin rambut, hehhe…). Gw menemukan ada dua ukuran VR yang dijual di Giant ini, yaitu ukuran 8ml yang dikemas dalam satu tube kecil terbuat dari plastik dengan harga Rp 4.590/tube dan ukuran 34 ml yang dimuat dalam satu botol kaca (asumsi gw botol karena kemasan kotaknya disegel) dengan harga Rp 34.190/botol.

Pilih mana, beli 4 unit VR tube 8 ml atau 1 unit VR botol 34 ml?

HP dikeluarkan, itung..itung..itung…

Hasilnya?? Sungguh menakjubkan.

Dengan VR tube 8 ml seharga Rp 4.590 maka harga VR adalah Rp 573.75/ml, yang segera gw kalikan dengan 34 (isi VR botol) dan menemukan harga Rp 19.508,-. Bandingkan dengan harga VR botol yang dibandrol Rp 34.190,-. Hampir 75% selisih harganya. Dengan uang 34 ribu gw bisa dapat 7 tube dengan total isi 56 ml daripada 34 ml.

Ribet ya..?? Tapi ada kepuasan ekonomi di sana, hahahah… 

Leave a Reply

