LULUS… not yet

Standard

Hari ini lima orang teman sekelas dari Angkatan XIII Pasca Sarjana FISIP UI jurusan Administrasi dan Kebijakan Pajak dinyatakan lulus sidang tesis dan berhak menyandang gelar MSi. My Congrats to Mbak Tuti, Mbak Reny, Pak Azis, Pak Ginting dan Johan. Di hari-hari mendatang di bulan Juli ini masih ada (banyak) lagi teman sekelas yang akan maju sidang tesis, my pray for them.

Teman-teman yang kusebut di atas aku kenal sebagai mahasiswa yang semangat, tak kenal lelah berjuang untuk tesis mereka. Semuanya bekerja melayani di KPP dan empat di antaranya sudah berkeluarga. Tentu saja dengan status menikah itu, beban hidup yang harus mereka pikul/pikirkan (jauh) lebih besar dibanding aku ini. Bagiku, tak ada suami atau anak yang harus dipikirkan, yang jadi pikiran adalah calon suami, hahahha… *curcol*

Dalam satu kesempatan saat seorang sahabat baik menanyakan perkembangan tesis-ku, dan aku menjawab ‘kalo ada yang harus disalahkan karena tidak lulus S2 tepat waktu, itu adalah aku’. Sahabat-ku merespon ‘ga ada yang harus disalahkan kok’.

Dia benar, tidak ada yang harus disalahkan🙂

Ya, pada akhirnya aku tidak bersama dengan sebagian besar teman seangkatan menyelesaikan S2 dengan tepat waktu. No regret at all. Aku sudah mengambil keputusan untuk menomorsekiankan penyelesaian tesis di semester pertama tahun 2009 ini, dan ini ‘resiko’ yang aku siap aku ambil.

No regret at all.

2 responses »

Leave a Reply

