2 sisi koin

Standard

Aku termenung. Aku baru saja mendengar beberapa kabar yang terjadi di keluarga besarku, tepatnya sepupuku. Bukan berita yang baik, sebenarnya.

Berawal dari sms kakak ku untuk menelponnya, ‘ada cerita lucu’, begitu isi sms-nya. Pada akhirnya itu bukan cerita lucu, ironis mungkin  lebih tepat.

 

Jauh dari keluarga besar membuat aku sering ketinggalan berita. Setiap kali mendengar update cerita belakangan ini, (jauh) lebih banyak berita sedih. Kesusahan karena kebodohan, pertengkaran karena harta, kemiskinan karena kemalasan, dan hal lainnya.

 

Apakah kehidupan di Medan begitu susahnya hingga jarang aku mendapat kabar gembira? Kadang hal ini membuat aku ingin mundur dengan salah satu target-ku tahun ini. Adakah aku sudah terlalu lama ‘lepas’ dari keluarga sehingga cara pandang sudah tidak sama lagi? Mampu kah aku beradaptasi lagi dengan karakter dan pemikiran orang-orang di sekitarku kelak? Pasti mampu, namun (mungkin) akan banyak ‘pengorbanan’ untuk menghasilkan karakter pejuang *lebay*.

Pengorbanan yang manis, adakah itu?

 

Aku rindu rumah. Tidak hanya sekedar mudik tahunan selama satu atau dua minggu maksimal yang selama ini aku lakukan. Aku ingin lebih dari itu. Dan kabar tak baik yang sering aku dengar, kalo direspon dengan benar, pasti ada yang baik dibaliknya. Mungkin Dia sedang mencoba mengajarkan sesuatu bagi keluarga besar-ku.

gambar diunduh dari www.freefoto.com

gambar diunduh dari http://www.freefoto.com

 

Dalam salah satu percakapan dengan bos-ku, dia mengatakan ‘selalu lihat segala sesuatu dari dua sisi. Bila hal tidak baik terjadi, jangan hanya lihat dari sisi jelek-nya, namun coba liat dari sisi satunya. Seperti koin, selalu ada dua sisi’.

 

Okay Bos!

Leave a Reply

