Kesuksesan Pertama di Tahun 2009

Standard

Aku ga ingat ini kali ke berapa aku mengakhiri tahun lama dan memasuki tahun baru di Jakarta (saking jarang-nya, hehehe..). Rabu kemaren, di hari terakhir tahun 2008, hanya ada 2 anak kost yang masih tinggal (baca: terdampar) di kost yaitu aku dan Reni. Tidak mau melewatkan pergantian tahun hanya dengan tidur, so kami sepakat untuk melakukan hal yang berbeda, dan pilihan jatuh pada kegiatan ‘membuat kue bolu’. Secara both of us lum ada yang  pernah bikin bolu, so ini adalah sesuatu yang penuh tantangan.

Rabu sore, kabur dari kantor jam 3-an, aku langsung ke kost untuk ganti baju, meninggalkan laptop, dan rencananya segera menuju ke Plangi untuk belanja bahan2 kue. Saking semangatnya kabur, sampe depan kost baru nyadar kalo seperangkat kunci-ku masih tergantung di laci meja di kantor. Huaaaa…. Bisa masuk kost sih, tapi ga bisa masuk kamar, dan akhirnya nitip laptop di rumah Ibu, setelah itu balik ke kantor lagi untuk ambil kunci, dan langsung ke Plangi.

Di Gramed aku menghabiskan waktu sambil nunggu Reni yang tak bsa kabur karena ada kerjaan mendadak. Jam 5-an kita mule beli2, dan yang pertama dibeli adalah buku resep, hehehe.. Akhirnya kami memutuskan untuk buat cookies juga. Setelah itu ke Giant, beli bahan2 kue yang dibutuhkan. Rencana awal mo bikin bolu berisi kismis, tp karena kismis agak mahal, akhirnya diganti dengan kurma. Lumayan hemat 70%, hahaha.. Setelah semua bahan sudah terbeli dan sempat mengisi perut di foodcourt Giant (rasanya lumayan dan harganya tak mahal), kami bergerak ke foodcourt Plangi memenuhi ajakan teman Reni untuk nongkrong sambil makan, ngupi2 dan ngobrol apa aja. Semakin malam foodcourt-nya malah semakin rame, banyak yang dari pulang gereja kayaknya. Jam 11 kurang kami cabut dari Plangi dan balik ke kost diantar ama teman Reni. Leha2 sejenak di kasur menghilangkan penat seharian.

Sambil menunggu jam 12, aku telpon kakak, abang dan ortu-ku. Ga ada acara special di Medan, tapi pas aku telp tadi, kakak, abang & eda-ku lagi siap-siap mo ke rumah ortu. Jam 12 kurang, suasana kost kayak di pengungsian perang, RIBUT banget dengan suara kembang api. Semua sisi rumah serasa digempur, padahal kembangnya ga cantik2 amat😦

Setelah lima menit pertama terlewati di tahun baru, aku dan Reni mule masuk dapur dan mempersiapkan segala peralatan dan  membuat adonan. Reni pegang adonan cookies, aku yang buat adonan bolu kukus. Di sesi ini naluri kewanitaan kami benar2di uji, secara kami ga pake alat takaran, jadi tepung 175 gr ya ditakar dengan perasaan aja, haahaha.. Untunglah kami wanita sejati, sehingga perkiraan kami tak meleset (jauh), hihii..

kue tahun baru 2009Sedikit ada ‘accident’ pas bikin adonan cookies. Essence strawberry yang dimasukkan ke dalam adonan kue kelebihan beberapa tetes mengakibatkan warnanya menjadi lebih merah dari yang seharusnya. Setelah adonan jadi, tersadar bahwa kami tak punya alat cetak-nya dan otak sudah tak mampu berdaya kreasi membentuk kue yang cukup artistik untuk enak dipandang :) Akhirnya dibuat bunder2 saja, dan kami menamai cookies ini dengan nama THE pillow of joy cookies

Adonan bolu kukus sesuai dengan yang diharapkan, warnanya pun mirip dengan yang dibuku resep. Karena kami tak punya dandang, maka dikukus dengan cara meletakkan wadah kue di dalam tempat nasi yang berlubang yang diletakkan di atas panci yang sudah diisi air . Semoga kalian bisa membayangkan dandang jadi2an kami itu. Setelah 10x bolak balik menusuk bagian tengah bolu untuk memastikan bagian tersebut sudah kering, maka kami pastikan bolu kukus dah matang. Sangat mudah loh saat mengeluarkannya dari wadah😉

Acara masak memasak ini selesai jam 3.30 subuh, kami pun meninggalkan dapur dalam keadaan bersih dan rapi. Dapat disimpulkan, ini  adalah kesuksesan pertama ku di tahun 2009. Sukses membuat bolu kurma kukus dan cookies🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s